Tutorial Photoscape Cara Mudah Membuat Komik dari Foto

Tutorial Photoscape Cara Mudah Membuat Komik dari Foto

Tutorial Photoscape kali ini membahas tentang cara menggunakan photoscape untuk membuat  komik dari foto. Kalo anda punya foto-foto yang gokil abis, narsis or punya alur cerita bisa anda buat komik yang menarik. Seperti komik pada umumnya ada sebuah percakapan didalam gambar. Photoscape menyediakan fitur yang mudah digunakan untuk tujuan ini. Ada fitur PAGE sebagai template dan pemberian ballon untuk percakapan.

Fitur Page Photoscape menyediakan banyak template untuk menaruh foto. Bentuknya kotak-kotak seperti pada komik. Tutorial photoscape ini pasti akan membuat anda kecanduan berfoto ria dan membuat komik ala anda sendiri. Kelebihannya yaitu komik dapat dibuat dengan cara mudah, anda tidak perlu menggambar dan komiknya pun berwarna.

Anda tahu ballon?? Ya ballon itu sebagai tanda ada percakapan dari karakter di dalam komik. Bentuknya bulat seperti ballon yang mengarah pada karakter komik yang sedang berbicara. Ballon ini tidak hanya bulat, ada pula yang kotak dan bentuk awan.

Bagaimana cara membuatnya?? Pasti anda tidak sabar sampai bagian inti tutorial photoscape ini ya. Baiklah, ini dia cara mudah membuat komik dari foto anda:

Langkah pertama buka dan jalankan program Photoscape. Kalau belum punya bisa download di sini:

Setelah itu klik fitur PAGE Photoscape, letaknya di kiri atas atau gambar yang seperti kusen pintu… hehehe abis gak ngerti kaya gambar apaan…

Anda bisa pilih tempalte Photoscapenya untuk membuat komik di kanan bawah. Sekali klik aja udah muncul kok… Pilih template yang menurut anda bagus untuk alur cerita komik kamu.

Kalau sudah, anda bisa cari foto-foto di album koleksi anda. Pasti udah paham kan cara nyarinya??? Di kiri atasbuat nyari folder dan kiri bayah isi dari folder. Anda tinggal drag saja dari kiri ke lembar kerja. Letakkan di dalam kotak-kotak template sesuai keinginan anda. Kalau sudah selesai, anda simpan dulu hasilnya untuk proses lebih lanjut.

Langkah selanjutnya anda buka fitur editor, letaknya di kiri atas. kemudian buka lagi file yang tadi disimpan. Nah baru deh anda kasih ballon di komik setengah jadi itu. Klik Object lalu Ballon.

Nanti akan ada wizard yang muncul. Anda bisa memilih bentuk ballon sesuai kehendak, ada banyak macamnya, putih polos maupun berwarna. Setelah itu buat tulisan di dalam ballon. Kalau tulisannya terlalu besar atau kecil, ubah ukuran huruf agar proporsional dengan ukuran ballon. Manfaatin saja semua menu di wizard itu…

Tutorial photoscape ini bentar lagi jadi deh… hehehe… Ballon juga bisa dikecilin kok, caranya klik ballon hingga membentuk garis titik-titik dan kotak kecil di sudut-sudutnya, Drag kotak di sudut ballon ke arah dalam, mirip ngecilin foto saja…

Alhamdulillah… akhirnya Tutorial Photoscape membuat komik sudah jadi, tinggal disimpan saja. Nah hasil akhirnya begini nih… bagus khan??? Berwarna lagi. Saya sih kurang kreatif bikin kata-kata yang seru, mungkin anda bisa bikin ceriata yang lebih oke… J

Selamat mencoba ya, nantikan tutorial photoscape lainnya di blog ini. Saya juga pernah bikin tutorial membuat animasi, cari deh di search blog ini. Kalau anda merasa kesulitan atau menghadapi masalah membuat komik, tulis aja di komentar… saya senang sekali kalau anda berkomentar…

Semoga aja cara menggunakan Photoscape di blog ini sngat mudah dipahami.Kalo anda tertarik memperlajari artikel ini secara ofline, download saya e-booknya di bawah ini. Gratis kok, bisa anda sebarkan juga ke temen-temen anda yang suka bikin komik…

Animasi Tulisan Berkedip Pake Photoscape

Bertemu lagi dengan Tutorial Photoscape di blog ini. inilah blog yang membahas cara menggunakan Photoscape terdetail, nah sekarang saatnya bikin animasi. Animasi memang bikin blog lebih hidup. Kita bisa buat gambar bergerak, banner atraktif dan aneka ragam animasi huruf dan tulisan. Hal terpenting dalam membuatan animasi yaitu kreaktifitas dan kemampuan berimajinasi. Photoscape dapat membantu kita melakukannya…

Misalkan saja efek sederhana seperti tulisan berkedip atau kreasi kata-kata dengan efek popup per huruf. Atau bisa juga huruf yang berterbangan kemudian menyusun sebagai kata selain itu puzzle huruf.

Kali ini kita bikin animasi tulisan berkedip. Gambarannya yaitu, tulisan akan hilang timbul seperti berkedip. Cara membuatnya sangat simpel yaitu cukup membuat 2 buah gambar, gambar pertama bertuliskan kata-kata dan yang kedua tidak bertuliskan. Ketika kedua gambar digabungkan membentuk animasi akan menjadi berkedip.

Nah, sekarang cara membuatnya…

1. Jalankan Photoscape kemudian langsung meluncur ke Editor yang gambarnya kamera atau tulisan di kiri atas.
2. Kita buat background dulu dari gambar apa saja. Pilih foto dari koleksi kita yang cukup bagus dijadikan background.
3. Lakukan crop atau mengubah ukuran pada foto background agar sesuai dengan ukuran tulisan yang akan kita buat.

4. Setelah di-crop, simpan gambar sebagai gambar yang pertama.
5. Pada gambar pertama tadi masukkan tulisan dengan cara Object >> Text (icon huruf T). Ketikkan tulisan yang ingin dibuat, atur tata letaknya dan warnanya… klik OK

tutorial animasi huruf toserba

6. Simpan gambar kedua dengan Save As agar tidak menggantikan gambar pertama dengan nama file berbeda.

tutorial photoscape animasi tulisan

7. Nah sekarang kita meluncur ke fitur AniGIF (kiri atas) untuk menggabungkan kedua gambar tersebut menjadi animasi sederhana.
8. Buka folder tempat kedua gambar tersebut disimpan kemudian pindahkan kedua gambar ke lembar kerja di tengah dengan cara DRAG (klik kanan sambil geser)
9 Atur waktu pergantian gambar dalam animasinya. Semakin kecil semakin cepat berkedipnya.

animasi hurup berkedip pake photoscape

10. Langkah terakhir yaitu di-Save dong…
11. Hasilnya dapat dilihat di bawah ni….

animasi tulisan photoscape toserba rachmatullah83

Silahkan download artikel ini untuk dipelajari secara pffline… tunggu artikel cara menggunakan Photoscape selanjutnya ya, dijamin tutorial photoscape di sini oke banget… :)

Semoga tutorial ini dapat bermanfaat…

Tutorial Photoscape Mencerahkan Bagian Gelap pada Foto

Tutorial Photoscape Mencerahkan Bagian Gelap pada Foto

Kemarin-kemarin habis membahas cara sensor foto. Kali ini Tutorial photoscape akan membahas bagaimana mengubah foto digital yang kurang pencahayaan pada sisi-sisi tertentu sehingga terlihat lebih baik. Contoh foto seperti ini yaitu berfoto di bawah pohon, atau foto yang mengarah ke tempat sumber cahaya seperti di dekat jendela.

Tutorial photo editing ini sangat berguna untuk menyamakan tingkat kecerahan foto. Sehingga semua benda dapat terlihat dengan jelas dan seimbang. Sangat disayangkan kalau ada anggota keluarga yang kita sayangi tidak terlihat hanya karena pencahayaan yang tidak merata. Cara menggunakan photoscape ini cukup mudah lho…

Oke, untuk mempersingkat waktu ni dia caranya:

1. Langkah pertama jalankan aplikasi Photoscape, bagi yang belum punya gak usah sedih, bisa download di sini kok…

2. Langkat selanjutnya pilih gambar kamera (no. 1) atau fitur Editor (no. 2) pada sebelah kiri untuk melakukan Photo Editing memberi efek.

3. Cari foto yang ingin diedit pada folder di jendela kiri atas (no. 3).

4. Pilih foto pada jendela kiri bawah (no. 4). Foto yang siap diedit akan muncul pada lembar kerja di tengah (no. 5).

5. Pilih Filter (no. 6) dan klik tanda v untuk membuka isi menu. Setelah itu pilih menu Region (Out of Focus) (no. 7).

6. Pada menu Region (Out of Focus) pilih Brighten (no. 8) kemudian atur Level dan Feather-nya (no. 9). Setelah itu pasisikan bagian mana yang ingin dicerahkan (no. 10) dan jangan lupa OK bila sudah selesai. Apabila foto terlalu gelap dapat dilakukan cara ini berulang kali dengan mengubah Level dan Feather-nya agar terlihat pencahayaan alami.

7. And hasilnya akan seperti ini:

Semoga Tutorial Photoscape Mengatur Kontras, Terang dan Gelap pada Foto Bermanfaat. Nantikan cara menggunakan photoscape selanjutnya.

Download Artikel Ini

Tutorial Sensor Foto dengan Photoscape

Tutorial GRATIS lagi…!!! hehehe… baca pelan-pelan ya Tutorial Photoscape ini. moga bermanfaat. kalo anda suka tulis komentar dong.. (ngarep mode: on) hahaha….

Terkadang kita mendapati foto atau gambar yang tidak layak untuk dilihat. Contohnya seperti foto porno atau foto yang menyangkut nama baik seseorang. Tentu saja kalau foto-foto tersebut dipublikasikan akan menimbulkan reaksi dari pembaca, baik reaksi biologis atau reaksi kemarahan. Oleh karena itu kita perlu mengedit bagian foto yang mungkin dapat mencirikan sesuatu makna agar lebih lunak. salah satu yang memiliki fitur mudah untuk efek foto ini yaitu Photoscape.

Editing foto ini biasa disebut sensor foto yaitu suatu bentuk yang menutupi bagian gambar dengan warna hitam atau mozaik. Nah, Sensor dengan warna hitam tentu lebih mudah, sedangkan mozaik ada trik khusus untuk membuatnya. Berikut cara menggunakan photoscape untuk membuat sensor foto mozaik.

1. Buka aplikasi Photoscape
2. Pilih Foto yang akan disensor

teknik sensor foto photoscape

3. Klik Region (nomor 1) kemudian Mozaic (nomor 2)

4. Drag membentuk segi empat pada bagian foto yang disensor
5. Hasilnya seperti berikut:

tutorial sensor foto photoscape

Selamat Mencoba Tutorial Sensor Foto dengan Photoscape. Kalau anda suka artikel cara menggunakan photoscape di blog ini, klik kategori Tutorial Photoscape untuk artikel yang lain… :)

Download Artikel Ini


Tutorial yang lain

Tutorial Animasi Photoscape dengan Frame Unik Menggunakan Photoshop

Cara menggunakan Photoscape kali ini yaitu membuat animasi. satu artikel sekaligus sebagai Tutorial Photoshop juga, maksudnya satu kali dayung dua-tiga pulau terlampaui… hehehe

Tapi jangan salah ya, program Photoscape ini kalo ditelusuri fiturnya cukup oke juga untuk mengembangkan kreaktifitas. Makanya aku sengaja membuat tutorial photoscapenya sepaya bisa dicontoh temen-temen sekalian :)

Aku juga nyediaain asesorisnya. sobat tinggal download icon photoscape yang lucu-lucu… telusuri aja deh blog ini… EEEIIITTT… jangan lupa komen ya…

1. Jalankan aplikasi Photoshop kemudian buka file yang akan dijadikan background.
animasiphotoshop01

2. Buka lagi file yang akan dijadikan objek dan kecilkan windownya dengan meletakkan pointer ke pinggir window hingga membentuk panah dua arah kemudian drag ke dalam window agar mengecil.

animasiphotoshop02

3. Seleksi objek menggunakan Quick Selection Tool kemudian klik Move Tool dan pindahkan objek ke gambar Background

animasiphotoshop04 animasiphotoshop05

4. Klik kanan pada Layer 1 (1) kemudian pilih Blending Option >> Outer Glow (2).

5. Pilih Screen pada Blend Mode (3), Opacity 75% (4), Size 5 (5) kemudian OK (6). Sebenarnya tidak terpaku seperti itu, kita dapat merubah sesuai keinginan kita yang lain.

animasiphotoshop06

6. Simpan dengan format JPEG.

animasiphotoshop08

7. Klik kanan pada Layer 1 >> Duplicate Layer (untuk membuat duplikat) kemudian beri nama.

8. Klik kanan pada Layer hasil duplikasi, pilih Blending Option >> Outer Glow lagi. Ubah Size menjadi 25 kemudian OK.

9. Simpan lagi dengan format JPEG.

10. Duplikat lagi Layer 1, pilih Blending Option >> Outer Glow dan ubah Size jadi 50.

11. Ulangi Langkah-langkah membuat Layer yang banyaknya sesuai keinginan, kemudian mengubah Size semakin besar atau semakin kecil. Setelah itu jangan lupa selalu disimpan dengan format JPEG.

12. Setelah semua selesai, Gunakan Aplikasi Photoscape untuk membuat animasi. Pembuatan animasi menggunakan Photoshop bisa dilakukan tetapi langkah-langkahnya lebih rumit.

B. Membuat Animasi

1. Buka aplikasi Photoscape. Belum punya, klik di sini.

2. Cari frame tadi di sebelah kiri atas, misalnya di My Picture, hasilnya akan terlihat di sebelah kiri bawah.

3. Langkah selanjutnya, pindahkan gambar (Drag and Drop) ke daerah ”Drop Your Photo Here” kemudian susun menurut urutan gerak yang dikehendaki.

animasiphotoshop09

4. Setelah disusun, kita dapat mengatur lamanya gambar akan diam. Klik Change Time, pilih menyamaratakan waktu diam untuk semua gambar (Change display times of all frames) atau memilih gambar tertentu (Change omly display time of the selected frame) dengan mengetikkan angka pada box Display Time. Setelah itu klik OK.

Tutorial04

5. Langkah Terakhir, Save

Hasilnya seperti ini…

Demikianlah langkah-langkah membuat AniGIF. Baik tidaknya animasi tergantung dari kreaktifitas kita dan keunikan. Animasi ini bisa juga dijadikan pendapatan sampingan kalau kita lihat celahnya, bisa dari animasi bercerita atau komik. Ni ada link cara menggunakan photoscape untuk membuat komik. nantikan Tutorial Photoscape selanjutnya ya… :)

Selamat berkreasi…

Untuk mempelajari artikel ini secara offline, silahkan download filenya:

Download File via Ziddu

Tutorial Membuat Efek pada Foto dengan Photoscape

Cara membuat efek pada foto dapat dilakukan dengan aplikasi Photo Editing seperti Photoshop, GIMP dan sebagainya. Selain aplikasi-aplikasi tersebut, Photoscape cukup mudah digunakan karena fiturnya yang simpel. Efek-efek foto yang dihasilkan pun tidak kalah bagus. Berikut caranya…

1. Buka aplikasi Photoscape, bila belum punya bisa download di sini

2. Pilih menu Editor

3. Berikutnya cari foto yang akan diberikan efek pada kolom browse (berisi dokumen kamu) di kiri atas

4. Setelah itu pindahkan foto yang akan diberi efek dari kiri ke kanan

efek foto01

5. Semua menu yang tersedia disini cukup banyak, ada frame unik, rotasi, sharpen, filter dll, tergantung cara kita berkreasi dan mengombinasi. Silahkan coba-coba sendiri, contohnya ada di halaman bawah. Penting: kalau tidak cocok dengan efek yang ditampilkan bisa diUndo kok (kanan bawah), dengan syarat sebelum di Save ya…

6. Ini menu boxnya sebagai acuan untuk contoh-contoh dibawah:

efek foto

7. Setelah pemberian efek selesai, foto bisa disimpan dengan klik Save >> Save as (agar foto asli tidak berubah)

efek foto02

Berikut ini contoh efek-efeknya:

a. Klik pada segitiga di B, pilih frame yang dikehendaki

efek foto04

b. Klik pada segitiga di C >> Antique Photo, pilih sesuai keinginanmu, dapat diatur color convertionnya

efek foto06

c. Klik pada segitiga di C >> Lens Flare, tentukan posisinya, jumlah sinarnya, ketebalan dan panjangnya. Kalau ingin lebih dari satu, ulangi lagi cara ini.

efek foto08

d. Klik pada segitiga di C >> Make a Box, pilih jenis yang dikehendaki

efek foto011

e. Klik pada segitiga di C >> Reflection. Size, level dan perspektif dapat diatur.

efek foto012

Demikian cara-caranya, silahkan mencoba tutorial photoscape yang ini. Selamat berkreasi…

Tutorial Membuat Animasi dengan PhotoScape

Membuat animasi bergerak (type GIF) sangatlah mudah, kita hanya perlu kreaktifitas dan imajinasi yang tinggi serta ketelitian. Disamping itu butuh ketrampilan menggambar. Namun, kita tidak usah berfikiran terlalu jauh, cukup dengan kesederhanaan pun animasi bisa dibuat.

Membuat animasi GIF (AniGIF) memerlukan 2 aplikasi, yang pertama biasanya sudah tersedia di computer kita yaitu MS PAINT untuk membuat gambarnya (bisa dengan aplikasi lain seperti Photoshop) dan yang kedua membutuhkan aplikasi untuk menggabungkan gambar-gambar sehingga dapat bergerak, salah satunya PHOTOSCAPE (download).

Langkah-langkah membuat animasi yaitu sebagai berikut:

1. Kita buat gambar penyusunnya dulu. Kita harus membuat gambar penyusun minimal 2 untuk membuat animasi menjadi bergerak. Kebutuhan jumlah gambar penyusun tergantung dari jumlah gerakan yang berbeda. Mari kita buat menggunakan MS PAINT (Start ›› All Program ›› Accessories ›› Paint).

2. Buat ukuran bidang gambar yang kita kehendaki (Image ›› Attribute). Nantinya kita harus konsisten dalam ukuran tersebut pada gambar-gambar yang lain sebagai penyusun aniGIF, kalau tidak hasilnya akan tidak baik.

3. Mulailah menggambar karakter yang kita inginkan pada gambar penyusun pertama. Manfaatkan semua tool yang ada di samping kiri untuk memudahkan menggambar, dan isikan warna yang disediakan di bawah. Kemudian Save As dengan nama Kiss01.

tutorial animasi, tutorial photoscape, gambar animasi, animasi bergerak, animasi GIF,

4. Buatlah Gambar kedua dengan bentuk yang sedikit berbeda, misalnya kita buat dengan mata terpejam. Caranya langsung ubah pada gambar tadi (tanpa membuka bidang gambar baru) dengan menghapus dan menggambar lagi bagian yang akan kita gerakkan (tidak menggambar ulang semua).

Untuk animasi tingkat mahir, gambar dibuat ulang untuk mendapatkan gambar seperti berjalan atau lompat. Kali ini kita buat yang sederhana dulu…

Tutorial02

5. Setelah selesai membuat gambar penyusun yang kedua, Lakukan Save As dengan nama Kiss02. Buat gambar lain hingga penyusun animasi yang kita inginkan selesai.

6. Setelah kita membuat gambar penyusun, langkah selanjutnya menggabungkan kedua gambar tersebut dengan PHOTOSCAPE. Pada Menu Photoscape pilih menu AniGIF.

7. Cari gambar penyusun tadi di sebelah kiri atas, misalnya di My Picture, hasilnya akan terlihat di sebelah kiri bawah.

8. Langkah selanjutnya, pindahkan gambar (Drag and Drop) ke daerah ”drop your photo here” kemudian susun menurut urutan gerak yang dikehendaki.

Tutorial03

9. Setelah disusun, kita dapat mengatur lamanya gambar akan diam. Klik Change Time, pilih menyamaratakan waktu diam untuk semua gambar (Change display times of all frames) atau memilih gambar tertentu (Change only display time of the selected frame) dengan mengetikkan angka pada box Display Time. Setelah itu klik OK.

Tutorial04

10. Langkah Terakhir, Save…

11. Hasilnya…

Tutorial, Animasi, photoscape, gif, gambar bergerak,

Demikianlah langkah-langkah membuat AniGIF. Baik tidaknya animasi tergantung dari kreaktifitas kita dan keunikan. Baik buruknya gambar adalah nomor 2 yang terpenting isinya mudah dipahami. Animasi ini bisa juga dijadikan pendapatan sampingan kalau kita lihat celahnya, bisa dari animasi bercerita atau komik.

Selamat berkreasi…

NB:
Download PhotoScape

Download artikel ini via Ziddu

Protected:

This content is password protected. To view it please enter your password below:

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.