Semangka Kotak Asal Jepang Menarik Perhatian Dunia


Sebenarnya buah semangka kotak ini sudah ada sejak tahun 1980an, diciptakan oleh petani-petani jepang yang saat itu menyiasati keterbatasan ruangan untuk menyimpan hasil panen. Kamu tahu dong, orang jepang otaknya kreatif banget bahkan bisa dikatakan ide-idenya itu seringkali aneh. Tapi apa dunia katakan tentang buah yang 99% terdiri dari air ini? mengagumkan, unik, aneh dan sebutan luar biasa lainnya..

semangka kotak

Ternyata mereka membuat semangka kotak diawali dengan perhitungan matematis, alasannya tidak lain agar kualitas buah nantinya tidak berbeda jauh dengan semangka bulat, dan juga jangan sampai malah lebih jelek.. masak sih cuma jadi cadangan doang kan percuma.. Dari buah semangka bulat yang sudah dipanen dihitung volumenya kemudian mereka membuat cetakan dari kayu dengan volume yang sama tetapi dengan bentuk kotak, sehingga hasilnya nanti kualitas semangka akan sama seperti yang bulat..

Bagaimana Semangka Bulat menjadi Semangka Kotak yang Unik?

semangka kotak 02Tampaknya aku akan membahas secara biologis nih, tapi sedikit saja yah.. jadi.. buah semangka itu sama seperti bagian tanaman yang lain, sama-sama memiliki sel dan sama-sama membelah dan membesar. Ketika pembelahan dan pembesaran sel itu dihalangi dengan dinding cetakan, arah dari pertumbuhan akan ke samping mengisi ruang dalam cetakan yang masih kosong. Nah, karena ruangan di dalam cetakan itu bentuknya persegi, si buah semangka itupun menjadi persegi.

Berpegang sifat perkembangan buah inilah akhirnya semangka kotak dapat dibuat dengan sukses. bahkan, sekarang ada beragam bentuk yang dibuat. Kamu bisa cek deh di google, ada bentuk segitiga, bentuk hati, bentuk kepala dan tidak menutup kemungkinan ada bentuk boneka juga. Selain semangka pun telah dikembangkan melon kotak, jeruk kotak, tomat micky mouse dan lainnya.. unik sekali yah..

Budidaya Semangka Kotak Cukup Mudah

Membudidayakan semangka unik berbentuk kotak ternyata tidaklah sulit. Kalau kamu punya pohon semangka di rumah atau ingin menanamnya, bisa mencoba cara ini yah.. yang penting kamu bikin cetakannya dulu, boleh pakai kayu maupun pakai akrilik.

Pertama-tama kamu tanam dulu tumbuhan semangkanya, beri pupuk, siram dan bersihkan gulmanya. Kalau belum tahu cara menanam semangka di dalam pot bisa tanya google dulu yah.. nah setelah muncul buahnya dan ukurannya kira-kira sudah setengah dari ukuran maksimal, kamu bisa pasang cetakannya. Ingat ya, setelah dipasang cetakan jangan sampai tergenag air karena khawatir menjadi busuk..

semangka love, semangka bentuk hati

Setelah ukuran semangka semakin membesar, dan bentuknya pun sudah menjadi kotak (biasanya sekitar 40-45 hari setelah berbuah, kamu bisa buka cetakannya. Biarkan dulu yah selama 5 hari sebelum dipanen supaya bentuknya lebih indah dipandang..๐Ÿ™‚

Sekian dulu yah ulasan ringkas tentang semangka kotak ini, semoga menjadi inspirasi pertanian atau mungkin saja menjai ide usaha kamu..๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: