Riba Kelebihan yang Nikmat Pembawa Sengsara


Secara bahasa   : ziyadah atau tambahan,bisa juga bermakna tumbuh dan membesar.

Secara Istilah      : Pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara batil.

Jenis-jenis Riba :

  1. Riba hutang-piutang (riba qardh dan riba jahiliyah)
  2. Riba jual-beli (riba fadhl dan riba nasi’ah)

Riba Qardh             : tambahan manfaat atau tingkat kelebihan tertentu yang disyaratkan kepada seseorang yang berhutang. Misalnya dengan mensyaratkan bunga beberapa persen terhadap pinjaman yang diberikan kepada orang lain.

Riba Jahiliyah        : tambahan yang diminta karena peminjam tidak mampu mengembalikan hutangnya pada waktu yang telah ditetapkan. Artinya, peminjam diharuskan membayar hutang lebih dari yang dipinjamkan setelah diberikan penangguhan waktu peminjaman. Terkadang apabila sampai waktu yang ditangguhkan, peminjam belum juga mampu membayarkan beserta dengan tambahannya, maka akan dibebani lagi dengan tambahan selanjutnya sehingga berlipat-lipat.

Riba Fadhl               : pertukaran antara barang sejenis dengan takaran yang berbeda atau diberi tambahan, sedangkan barang tersebut termasuk ke dalam barang ribawi. Yang dimaksud dengan barang ribawi menurut beberapa ulama berdasarkan hadits Rasulullah adalah emas, perak, dan bahan makanan pokok dan tambahan.

Riba Nasi’ah          : tambahan yang muncul akibat penangguhan penyerahaan atau penerimaan barang ribawi yang ditukarkan dengan jenis barang ribawi lainnya. Jadi riba nasi’ah tersebut muncul karena ada perbedaan, perubahan, atau tambahan apabila barang tersebut diserahkan saat ini dengan diserahkan kemudian hari.

Ayat-ayat tentang Riba :

  1. Ar Rum ayat 39                  : Riba tidak mendapat tambahan disisi Alloh sedangkan zakat mendapat nilai berlipat ganda dimata Alloh.
  2. An Nisa ayat 160-161      : Salah satu orang yang dimurkai oleh Alloh adalah orang yang memakan riba.
  3. Al Imran ayat 130                       : Larangan memakan riba secara berlipat ganda, termasuk larangan memakan riba meskipun tidak berlipat ganda.
  4. Al Baqoroh ayat 275-278         : Larangan riba dan penghalalan jual beli, jika sudah terlanjur melakukan riba maka harta pokoknya halal baginya, alloh memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah.

Hadits tentang riba :

Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi saw bersabda, “Jauhilah tujuh hal yang membinasakan.” Para sahabat bertanya, “Apa itu, ya Rasulullah?” Jawab Beliau, “(Pertama) melakukan kemusyrikan kepada Allah, (kedua) sihir, (ketiga) membunuh jiwa yang telah haramkan kecuali dengan cara yang haq, (keempat) makan riba, (kelima) makan harta anak yatim, (keenam) melarikan diri pada hari pertemuan dua pasukan, dan (ketujuh) menuduh berzina perempuan baik-baik yang tidak tahu menahu tentang urusan ini dan beriman kepada Allah.” (Muttafaqun ‘alaih: Fathul Bari V: 393 no: 2766, Muslim I: 92 no: 89, ‘Aunul Ma’bud VIII: 77 no: 2857 dan Nasa’i VI: 257).

Dari Jabir ra, ia berkata. “Rasulullah saw melaknat pemakan riba, pemberi makan riba, dua saksinya dan penulisnya.” Dan Beliau bersabda, “Mereka semua sama.” (Shahih: Mukhtasar Muslim no: 955, Shahihul Jami’us Shaghir no: 5090 dan Muslim III: 1219 no: 1598).

Dari Ibnu Mas’ud ra bahwa Nabi saw bersabda, “Riba itu mempunyai tujuh puluh tiga pintu, yang paling ringan (dosanya) seperti seorang anak menyetubuhi ibunya.” (Shahih: Shahihul Jami’us Shaghir no: 3539 dan Mustadrak Hakim II: 37).

Dari Abdullah bin Hanzhalah ra dari Nabi saw bersabda, “Satu Dirham yang riba dimakan seseorang padahal ia tahu, adalah lebih berat daripada tiga puluh enam pelacur.” (Shahih: Shahihul Jami’us Shaghir no: 3375 dan al-Fathur Rabbani XV: 69 no: 230).

Dari Ibnu Mas’ud ra dari Nabi saw, Beliau bersabda, “Tak seorang pun memperbanyak (harta kekayaannya) dari hasil riba, melainkan pasti akibat akhirnya ia jatuh miskin.” (Shahih: Shahihul Jami’us Shaghir no: 5518 dan Ibnu Majah II: 765 no: 2279).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: