Heliconia, bukan sembarang pisang


Bicara mengenai banana, yang pasti heliconia bukan buah berwarna kuning kehijauan. Heliconia yang saya bicarakan adalah nama kembang yang menurut aku pribadi amat molek. Tanaman hias ini lazimnya digunakan sebagai flora taman terutama guna tanaman pembatas. Kadang-kadang digunakan pula sebagai wall plant <== istilah ngarang, maksud ane tanaman ini untuk menutup dinding yang punya kesan kaku hahaha…πŸ™‚

Jikalau dipandang sepintas, tumbuhan heliconia tak berbeda jauh dengan banana, batang berpelepah, daun lebar dengan pertulangan sejajar. Akan tetapi ukuran tanaman heliconia tidak lebih besar apabila disamakan tumbuhan pisang.

Karena heliconia adalah tumbuhan kembang, aku bahas tentang bunganya saja yah…πŸ™‚ Bunga heliconia sebenarnya tidak memikat sama sekali, daya tariknya ada pada pelindung kembang / selundang kembang atau brachtea. Bagian inilah yang sangat memikat untuk serangga & apalagi manusia <== ya iyyallah..

Selundang kembang punya bentuk dan warna yang beragam. Sebagian gede yang saya tahu bentuknya mirip capit udang dan tipis, tapi ada juga selundang yang tebal β€œberdaging”. Warna kuning kehijauan condong mendominasi di pasaran sehingga mempunyai kesan β€œbiasa”, terdapat juga yang berwarna merah terang. Menurut aku yang warna merah ini keren banget!!!

heliconia, pisang hias, pisang-pisangan, tanaman hias, pertanian, hortikultura

Dari type pertumbuhan bunga juga dibedakan menjadi DUA yaitu kembang menjuntai dan tegak ke atas. Kedua jenis kembang ini bisa dimanfaatkan sebagai kembang hias pada acara-acara resmi diantaranya pengantin, prasmanan, syukuran dan sebagainya. Tapi jenis tegak yang paling banyak sebagai kembang potong (yang menjuntai dimanfaatkan dengan batang tanamannya).

Terutama saking cantiknya bunga heliconia ini (walau beberapa aja yang menurutku jelita hihihi) bunga heliconia dijadikan salahsatu stilasi (art gambar dengan menyederhanakan bentuk) dalam model tas handmade. Ingin mengetahui menyerupai apa? Silahkan anda lihat di stilasi heliconia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: