Tentang SEO


Patokan mudah saat ini (sumber berbagai referensi SEO termutakhir): apakah itu Google, Yahoo, MSN dsb, memberikan patokan utama web yang SEO friendly adalah:

1. Website yang mudah diikuti/ dibaca/ ditelusuri oleh manusia (human search) diberi nilai tinggi oleh mesin pencari (utamanya google).

2. Semakin ringan loadnya, semakin dianggap SEO friendly terutama oleh google. Hal ini menimbulkan kritik yang tajam ke pihak google jika itu diterapkan secara ketat sebab cepat tidaknya load juga dipengaruhi oleh bandwidt dsb-dsb dalam arti bahwa perusahaan2 besar yang bisa membayar besar untuk web yang didukung suprastruktur dan infrastruktur IT super canggih secara otomatis akan memiliki web yang lebih SEO friendly ketimbang perusahaan kecil (yah apalagi pada umumnya blogger).

3. Web yang SEO friendly adalah web yang memiliki navigasi yang memudahkan robot meng-crawl content web dan tidak menemukan terlalu banyak link.yang tidak nyambung (broken link).

4. Masih banyak lainnya tetapi secara umum thema2 WP lebih unggul ketimbang blog lain bahkan ini diakui sendiri oleh google (yang notabene adalah bapaknya blogspot).

Tips:

1. Ubahlah tata cara kamu membuat navigasi, jangan hanya terpancang pada default thema ataupun yang tersedia di widget. Dengan sedikit berkreasi, kamu bisa membikin navigasi yang bisa membantu pembaca lebih mudah menelusuri isi web. Jika manusia saja mudah menelusuri web kamu, maka robot pun akan merasakan hal yang sama dan akan memberi nilai bahwa web kamu SEO friendly.

2. Jangan membuat meta tag atau / dan kata2 kunci (key word) tipuan. Kalau manusia merasa sebal dengan kata2 kunci yang menjebak (karena isinya nggak nyambung dengan kata kunci), maka demikian pula halnya dengan robot mesin pencari.

3. Ubahlah tata warna pada navigasi web kamu sehingga semua background teks dan teks bisa secara kontras terbaca. (lihat “pelajaran” tentang bagaimana W3C memvalidasi sebuah CSS)..

4. Jika kamu banyak memasang image di sidebar, jangan lupa selalu menyertakan “title” yang terinci sebagai deskripsi image di dalam anchor teks kamu.

5. Pasang firebug di PC kamu. Gunanya untuk mengecek seberapa berat web lamu di-loading. Tiap kamu memasang gambar, mengubah CSS dsb, selalu cek dengan firebug. Jika apa yang kamu tambah/ ubah sangat signifikan menambah berat loading, perlu dipertimbangkan untuk direvisi atau dihilangkan.

6. Jika kamu bingung bagaimana melakukan apa yang aku sampaikan di atas, silakan lihat di blog-ku.

7. Kalau dengan melihat masih bingung, silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan dan kita bisa diskusi bersama.

Salam sukses ngebloooogggg BROOOO……

sumber: id.forums.wordpress.com/topic/bagaimana-memilih-wordpress-templates-yang-seo-friendly?replies=15

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: