Seleksi Gambar pakai Photoshop, Gampang tapi Tak Mudah…


Gampang tapi gak mudah apa maksudnya??? Kalimat kontradiksi ini memang begitulah adanya, untuk menyeleksi gambar dengan Photoshop memang tidak mudah. Kalau ditanya tool apa yang dipakai untuk menyeleksi gambar di Photoshop??? Ya pasti Selection Tol yang terdiri dari Quick Selection Tool dan Magic Wand Tool.

Kali ini tidak ada tutorial, saya hanya mau sharing informasi saja… Kuakui kedua tool tersebut bisa dibilang benar-benar canggih dan mempercepat pekerjaan dalam menyeleksi gambar, tinggal klik atau drag saja areal yang luas langsung terseleksi. Tapi ni… ada tapinya…. dan inilah sisi gak mudahnya…. eh tapi mau kujelasin dulu nih pakai bahasa awam cara kerja masing2 tool tersebut:

1. Quick Selection Tool, tool ini menyeleksi berdasarkan kemiripan warna yang jaraknya berdekatan sehingga membentuk areal seleksi yang penuh. Tool ini mempercepat pekerjaan menyeleksi gambar dengan ragam warna yang banyak. Hasil seleksinya akan seperti ini:

cara seleksi foto

2. Magic Wand Tool, tool ini menyeleksi berdasarkan kemiripan warna dan jaraknya tidak selalu berdekatan. Tool ini mengenali warna pada seluruh bidang gambar. Sehingga hasil yang terseleksi bisa berupa bercak-bercak karena warna yang mirip bisa saja di tempat yang berbeda. Tool ini cocok untuk menyeleksi warna tunggal atau warna yang kemiripannya tinggi. Hasil seleksinya akan seperti ini:

tutorial photoshop, seleksi foto

Kira-kira begitulah penjelasan awamnya… supaya lebih jelas perbedaannya liat gambar hasilnya saja. Warna hitam itu hasil seleksi (kuberi warna hitam hanya untuk mempermudah melihat hasil seleksinya saja). Nah masalahnya, gimana kalau gambarnya seperti ini:

rahasia photoshop, kreasi desain

Bingung kan… pasti bagian gambar yang tidak ingin kita seleksi akan terseleksi juga, yang tersisa belang hitamnya saja… hehehe… Kedua tool canggih diatas tidak akan sanggup menyeleksinya dengan benar. Coba saja kalau tidak percaya…. aku minta sobat menghapus background putihnya dan menyisakan gambar sapi… Bisa???

Nah sekarang solusinya…. judul diatas kuubah nih, Seleksi Photoshop Cara Manual, tidak Gampang tapi Mudah… hehehe… maksud dari cara manual ini, sobat sendiri yang harus bekerja keras memicingkan mata membedakan batasan-batasan warna yang akan diseleksi. Masuk akal kan??? JELAS DONG….

Cara seleksi ini sangat sederhana, sobat pakai saja Polygonal Lasso Tool. Tinggal klik… klik… dan klik… pada batas-batas gambar yang dikehendaki, pekerjaan selesai dengan sempurna. Masalah perbedaan warna yang sangat tipis tidak lagi jadi masalah (kecuali kalo sobat buta warna, piss ya… hehehe…). nih hasil seleksi sapi di atas…. kukasih background merah ya, untuk membedakan saja…

photoshop gampang, selection tool

Tapi, tool ini juga punya kekurangan karena hasil seleksinya berbentuk poligonal atau persegi banyak atau tidak bisa membentuk garis lengkung. Akan memakan waktu lama untuk meyeleksi areal lengkung. Untuk hasil yang bagus, sobat perlu melakukan klik yang sangat berdekatan, semakin dekat semakin baik.

Tapi sobat jangan khawatir, selalu ada solusinya…. ada tips dan triknya, ketika ingin menyeleksi menggunakan Polygonal Lasso Tool, gambarnya diZOOM dulu saja…. coba saja, hasil seleksi garis lengkungnya akan lebih halus…

Nah dari ketiga jenis tool Photoshop yang kujelasin tadi ternyata memang tidak ada yang sempurna, selalu ada kelebihan dan kekurangan. Singkatnya, tool diciptakan untuk mempermudah bukan membuat segalanya jadi mudah. Kombinasi penggunaan tool-tool yang tersedia, baru bisa dikatakan mempermudah segalanya, tentu saja terlepas dari batasan kemampuan program itu sendiri ya… J lain kali kubagi lagi Tutorial Photoshop tentang trik seleksi yang lain

Kreaktifitas akan memecahkan masalah… dan terus berlatih akan mengembangkan kreaktifitas itu sendiri… selamat mencoba dan mendesain…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: