Efek Foto Berbayang Pake Photoshop


Sapa yang gak kenal Naruto si ninja pemarah yang punya jurus andalan 1000 bayangan…??? Jurus ini menggerakkan saya untuk membuat efek berbayang pada foto. Hasil edit foto dengan program Photoshop ini so pasti jadi lebih keren…

Berhubung langkah2nya lumayan banyak n sedikit ribet, kita langsung aja tutorial Photoshop kali ini ya… nanti kalo gak bisa mengikuti bisa di download e-booknya kok filenya, jadi bisa dipelajari di rumah… (ku ngomong untuk yang suka ngrental di warnet nih hehehe… kalo di rumahnya ada koneksi sih laen critanya… kunjungi terus blog ini ya… siiippp…)

Pertama buka Photoshop n buka file foto yang mau diedit. Aku pilih foto temenku ni, cantik kan… hehehe…

Setelah itu tekan saja huruf D (mengaktifkan default warna, putih sebagai background) kemudian CTRL J (membuat layer duplikat), setelah itu klik layer Background dan tekan CTRL backspace (membuat background menjadi putih).

Berikutnya hilangkan background pada foto, ntar yang tersisa cuma objeknya saja. Caranya pilih Layer 1 dan gunakan Quick Selection tool untuk melakukan seleksi (caranya drag aja…) di sekeliling objek. Setelah terseleksi tekan Delete pada keyboard. Hasil seleksi akan hilang dan berubah warna menjadi putih….

Setelah Background foto dihapus, kita dapat menggeser objek bila diperlukan, caranya pilih Select >> Inverse. Setelah itu pilih Move tool (otomatis membentuk Transform Controls, kotak berbintik di sekitar objek), letakkan pointer pada objek kemudian drag ke posisi yang kita inginkan. Atau bisa juga menggunakan anak panah pada keyboard…

Baru deh kita buat yang asyik nih… BAYANGAN!!!, yang tadi kita hilangkan backgrounnya dan geser adalah Layer 1. Nah sekarang masih kita pilih Layer 1 kemudian tekan CTRL J sebanyak keinginan kita berdasarkan jumlah bayangan yang ingin kita buat….

Misalkan saja kita tekan CTRL J sebanyak 3 kali sehingga akan terbentuk 3 layer diatas Layer 1. kita dapat mengubah nama layer dengan dobel klik pada Layer… di bawah ini hasil yang sudah diubah untuk memudahkan panduan berikutnya…. Layer 1 namanya diganti Foto Asli, yang lainnya diganti Bayangan 1 – 3….

Sekarang Pilih Layer Bayangan 1, klik kanan pada mouse >> Blending Options, kemudian kurangi persentase Opacity menjadi 70%. Lakukan hal yang sama pada Layer Bayangan 2 dan 3 dengan masing-masing Opacity 40% dan 20% (terserah sih… hehehe…).

Kembali ke Layer Bayangan 1, dengan Move Tool kita geser ke kiri. Paling enak sih gesernya pake tanda panah di keyboard karena bisa kita hitung jaraknya supaya sama antar layer… misalkan jarak antar layer 50 kali tekan. Berarti Bayangan 1 ditekan 50 kali, Bayangan 2 100 kali dan yang ketiga 150 kali…

Nah blom jadi nih gambarnya, sekarang kita ubah posisi Layer. Drag Layer Foto Asli ditarung di paling atas, diikuti Layer Bayangan 1 hingga 2

Sebagai penyempurnaan, kita ubah warna background menjadi hitam saja dengan mengklik Swicth Colors. Dan beri Asesoris lain seperti Tulisan, Brush atau gambar lain. Background juga bisa diganti dengan wallpaper pemandangan… baru deh hasilnya akan terlihat… bagus kan…. ^_^

Selesai sudah Tutorial Photoshop ini yang cukup melelahkan juga, kubuat sejelas mungkin supaya sobat2 bisa mengikuti langkah-langkahnya… kalo belom jelas juga bisa dipelajari secara offline kok, download aja artikelnya di bawah ini ya…

Klik buku di atas tu…

6 Responses

  1. wah.. aq pengen bgt nyoba.. tapi kq pas nyampe pemisahan gambar pake quick selection tool kq sulit ya.. ada cara yang gampang gak bro..a

    • emang butuh keterampilan tuh… aku aja masih susah makenya. hehehe…..

  2. kren juga tuh…
    makasih y…

  3. wahhhh….mas, bisa bantu info cara kasih background wallpeaper seperti contoh di atas. saya hanya bisa ganti backgroun dengan warna aja tapi untuk ganti dengan latar gambar tidak ketemu caranya.
    please dech….Terimakasih

  4. aku pengen banget punya foto berbayang

  5. caranya dari awal ga ketemu hehe,
    kalo Photoscape V3.6.2. ga ada setiap mencet D gabisa dan seterusnya
    kasih tauu dong cara yang paling gampang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: