Ginjal Milikku Sakit


Betapa terkejutnya aku ketika berseni saat bangun tidur, betapa tidak, air seni yang kubuang berwarna merah pekat seperti darah. Anehnya aku tidak merasa sakit waktu itu, berseni seperti biasa. Bahkan ketika aku berseni yang ketiga hingga kelima, air seni tidak lagi merah pekat, hanya berwarna pink bening…

Aku semakin khawatir dan takut, telah banyak kudengar cerita tentang keluhan berseni salah satunya seperti yang kualami. Langsung saja aku berpraduga ada masalah dengan ginjalku. Ketika itu juga aku memperiksakan diri ke RS PMI Bogor.

Namun ketika itu hari Minggu, poliklinik RS PMI tutup dan aku tidak diterima di UGD alasannya karena sakitnya bukan kategori tidak mendesak. Aku bingung, khawatir dan takut terjadi sesuatu yang parah dengan ginjalku, akupun pulang.

Keesokan harinya aku pergi memperiksakan lagi ke PMI, aku yakin hari ini pasti buka. Aku diperiksa di bagian urologi. Namun harapan kepastian penyakitku belum terpuaskan karena aku harus cek urin dan darah terlebih dahulu. Ada 2 kemungkinan yang diduga dokter yaitu ginjal atau hati.

Ketika kuperiksakan air seni dan darah, anehnya air seni berwarna seperti biasa, tidak lagi merah atau pink. Aku bingung, apa sakit ini sudah berlalu. Namun aku tetap melakukan tes tersebut. Aku takut dengan berubahnya warna menjadi normal, laboratorium tidak bisa membuktikan masalah dalam diriku. Sungguh aku cemas, aku harus menunggu esok dan berharap hasil yang baik.

Keesokan harinya aku mengambil hasil lab, aku tidak mengerti bahasa kedokteran, semua normal hanya epitel yang tidak normal, leukosit dan eritrosit. Ketiga penanda ini menunjukkan positip dalam air seni.

Kebingunganku terjawab, aku memiliki hati yang normal, namun ginjal yang bermasalah. Kata dokter air seniku banyak mengandung darah. Ada 2 hipotesa yaitu batu ginjal atau tumor, dan tumor yang berhubungan dengan ginjal biasanya ganas alias kanker (menurut yang aku baca). Sungguh seperti tersambar petir di siang dari, terkejut bukan main. Akhirnya dokter memintaku untuk melakukan rontgen BNO IVP agar didapat gambar dengan kontras dan diketahui masahnya dengan jelas hingga ukurannya.

Aku harus melakukan janji terlebih dahulu dengan lab rontgen, karena melakukan rontgen jenis ini memerlukan persiapan, perut harus benar-benar kosong saat melakukannya. Biaya rontgen jenis ini 490 ribu.

Sehari sebelum rontgen aku harus puasa dan pada malam harinya minum garam inggris agar semua isi perut keluar. Perutku bagian bawah, tepat di atas kemaluan terasa perih, aneh, sebelumnya tidak demikian. Aku jadi sering meraa ingin berseni tapi setelah melakukannya air seni yang keluar hanya sedikit, terkadang warnanya kembali merah.

Keesokan harinya dengan perut kosong aku kembali ke PMI melakukan Rontgen, ternyata sebelum aku ada yang melakukan rontgen dengan jenis yang sama. Kutunggu ternyata lama juga, kurang lebih satu jam setengah. Singkat cerita, aku telah selesai melakukan rontgen.

Ketika aku pulang naik angkot sungguh tidak nyaman, akuk harus berhenti beberapa kali mencari toilet untuk berseni dan air seninya tidak banyak. Sakit benar di perut bagian bawahku seperti tertusuk-tusuk jarum, bahkan di kemaluan pun terasa nyeri. Aku harus menahan nyeri sampai di rumah.

Pada sore hari setelah shalat ashar, aku kembali terkejut, kali ini ada sesuatu yang keluar bersama air seniku. Benda itu kerikil berwarna hitam pekat dengan diameter 1 mm. setelah krikil keluar, nyeri dalam perutku menghilang.

Aku akan kembali ke PMI untuk konsultasi hasil rontgen dengan dokter. Aku sangat berharap tidak ada masalah yang berat menimpa organ dalamku.

Berikut gejala-gejala yang aku rasakan hingga aku melakukan rontgen.

1. Jangan pernah sepelekan sakit pinggang, rasanya memang seperti pegal-pegal biasa, tapi nyeri yang berkepanjangan patutu dicurigai
2. Sering kembung, perut keras, perut bagian bawah sakit, air seni masih normal
3. Ada keluhan di punggung seperti pegal-pegal dan mudah letih, lemah, lesu
4. Air seni berwarna pink, pancaran lemah dan bercabang seperti kipas, air seni dapat menetes ke kaki (kalau kencing berdiri “seperti di iklan”)
5. Warna urin berubah-ubah, pink-kuning. Kadang hal ini disangka akibat pewarna makanan. Kata dokter seni yang seperti ini diduga akibat tumor.
6. Nyeri hebat di ginjal tak tertahankan disertai sir seni berwarna merah ketika berseni, pertanda pergerakan batu dalam ginjal atau saluran ginjal. Batu melukai dinding organ dan berdarah
7. Nyeri di bawah perut hingga kemaluan, pertanda batu berada di kandung kemih
8. Keluar batu ketika berseni dan menimbulkan efek nyaman (tidak nyeri lagi). Bukan berarti masalah selesai, perlu dipastikan dengan rontgen apakah batunya benar keluar habis atau masih ada di dalam tubuh.
9. Berdoa tulus ikhlas memohon kesembuhan pada Allah SWT

Mohon doa para pembaca budiman agar penyakitku ini dapat sembuh dengan cepat, tanpa efek samping dan dengan biaya yang murah. Amien… terima kasih.

Leave a Reply

