Tips Penting SEO WordPress


Tips penting SEO WordPress

Kelebihan WordPress sangat mudah mendapatkan trafik dari search engine karena WordPress memiliki CMS yang sangat baik bagi SEO (Search Engine Optimization). Konsep ini ternyata tidak benar-benar demikian, WordPress juga perlu cara-cara untuk mengoptimisasikan mesin pencari agar lebih dahsyat. Berikut ini tips penting WordPress untuk meningkatkan posisi blog (page ranking) di halaman mesin pencari:

1. Gunakan atribut rel=”nofollow” pada link keluar dan link-link tidak penting.
Artinya atribut ini memberitahukan mesin pencari untuk tidak berbagi trafik pada halaman yang dipasangi link. Link-link yang tidak penting seperti Read more atau Click here dsb sebaiknya dihindari. Intinya semakin banyak link keluar berarti kita semakin berbagi trafik ke alamat tetangga.

 

Lain lagi dengan link ke halaman lain dalam blog kita. Link jenis ini akan meningkatkan halaman lain yang tidak mendapat trafik tanpa kehilangan trafik global dari blog kita.

Cara mematikan link keluar yaitu dengan menghapus alamat tujuan pada halaman HTML postingan artikel. Cara lainnya yaitu menekan Break Hyperlink yang bergambar rantai terputus.

2. Kecocokan URL dan Struktur judul
Kita misalkan judul artikel 10 Cara Cepat Membuat Blog Agar Menjadi Lebih Indah. Maka URL akan seperti ini:

 

http://abc.wordpress.com/category/10-cara-cepat-membuat-blog-agar-menjadi-lebih-indah/

URL ini baik? Ini berarti kita kehilangan 30% dari potensi trafik. Pada URL sebaiknya jangan menggunakan banyak kata. Apakah orang akan mencari kata 10? Atau agar, menjadi dan lebih? TIDAK, tapi mereka akan mencari Cara Membuat Blog, Membuat Blog, atau Blog Indah.

Hilangkan kata-kata yang tidak perlu pada URL sehingga menjadi:

http://abc.wordpress.com/category/cara-membuat-blog-indah/

Caranya yaitu tekan Edit pada Permalink di halaman posting kemudian ubah URL seperti di atas. Setelah diedit dapat langsung di simpan dengan klik Save.

Edit Permalink URL WordPress

3. Menggunakan Kata Kunci dan Meta Description
Kebanyakan blogger menggunakan kata kunci / keyword yang sangat sedikit, mulailah memasukkan kata kunci bervariasi karena mereka akan menyumbang trafik dalam waktu yang sangat lama. Contoh kata kunci yang biasa digunakan blogger yaitu grafik, desain, dan digital. Akan lebih baik bila kata kunci menjadi grafik desain, digital grafik, atau desain digital.

 

Meta deskription dipertahankan dengan kurang dari 160 karakter dan memasukkan kata kunci didalamnya minimal sekali.

4. Judul Artikel Disebutkan sebagai Pokok Pikiran Paragraf Pertama dan Kata Kunci pada Tiap Paragraf Berikutnya
5. Gunakan Nama dan Kata Kunci pada Gambar
Suatu artikel tentang binatang memiliki 5 buah gambar dan didalamnya tidak banyak bercerita, hanya mirip album foto. Tentu saja artikel (post) ini tidak punya ranking yang baik dan sulit terlihat di halaman mesin pencari.

 

Solusinya namakan foto tersebut dan tambahkan kata kunci dibelakangnya pada kode HTML. Misalkan nama fotonya Harimau ditambahkan kata kunci Sumatra. Dengan demikian kita akan mendapat peluang trafik 10% dari google image.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: