Mengunci dan Menyembunyikan Rumus di Excel


Kadang kita berpikir untuk mengamankan rumus Excel agar tidak terjadi perubahan ketika digunakan kembali, hal itu dikarenakan banyaknya tangan-tangan yang bekerja atau mengoperasikan file yang kita buat itu. Sebenarnya kita bisa dengan mudah menguncinya, tetapi hal tersebut masih bisa ditiru kemudian dirubah dan dibuatkan file baru yang sama. Nah, cara terbaik adalah dengan mengunci sekaligus menyembunyikan rumus tersebut.

· Langkah pertama yang harus dilakukan adalah blok sel yang akan kita sembunyikan rumusnya.

· Pilih Format>Cell, pilih tab Protection. Aktifkan Locked untuk menguncinya dan Hidden untuk menyembunyikannya lalu klik OK.

· Pastikan sel lain tidak ikut terkunci agar kita sewaktu-waktu bisa merubah data yang telah ada (Locked tidak aktif, karena default-nya Locked aktif) yaitu dengan memblok semua sel yang tidak akan dikunci. Kemudian jangan aktifkan Locked dan Hidden.

· Pilih Tools>Protection>Protect Sheet…. Akan muncul kotak dialog Protect Sheet. Aktifkan Contents, kemudian ketik password yang akan digunakan, lalu OK. Muncul dialog Confirm Password untuk memastikan. Ketik kembali password yang sama, lalu OK. Dan, sim salabim… rumus akan menghilang dengan tiba-tiba.

· Untuk memunculkannya kembali, pilih Tools>Protection>Unprotect Sheet…. Ketik password-nya, lalu OK. Dan, abrakadabra… rumus akan muncul kembali.

Yang perlu Anda perhatikan, password harus selalu diingat karena bila lupa Anda tidak bisa memunculkan rumus tersebut. Untuk menjaganya, buatlah daftar password pada file atau dokumen terpisah.

Sumber:http://www.geocities.com/asephd/tipskomputer.htm

About these ads

11 Responses

  1. Trims buanget ilmunya… ditunggu lg yg lain2nya, ya!
    Berkunjung jg ke blog ku, ok!

  2. kalau boleh kasih masukan, cara ini masih ada hole nya di Office 2007. Caranya, aktifkan menu Developer tab, pilih menu Developer, pilih No Restriction pada Enable Selection row. Setelah itu, copy all, lalu paste ke Excel yang baru.Mohon di cek, mungkin saya salah, thank you.

  3. Saya mau tanya, saya udah lakukan petunjuk diatas tapi cells yang lain juga ikut terprotect, tidak bisa diedit. contoh saya ingin memprotect cells A3 karena cells itu adalah rumus, tapi saya ingin cells A5 tidak terprotect, karena cells itu yang akan selalu di edit untuk menentukan hasil rumus tersebut. Itu gimana caranya ya???

    • gampang mas, dari langkah di atas, paling pertama sekali tambahkan 1 langkah lagi.
      yaitu :
      blok semua kolom (ctrl+a), pilih format cell. pilih tab protection, hilangkan semua checklist. setelah itu, baru ikuti langkah2 yang ada di web ini.

      semoga membantu

  4. Sukhron ya mas atas ilmunya

  5. makasih atas ilmunya, saya butuh teknis ini untuk file BUKU RAPOR. terus berkarya, sukses

  6. Terima Kasih Banyak om….. satu lagi om… gemana rumus untuk menampilkan gambar atau foto dalam data excel ya….. mohon bantunnya….

    • trims mas atas infonya,
      cuma kalo di copy dan di paste ke sheet lain bisa muncul,
      bisa engga mas, agar cellnya tidak bisa dicopy paste?
      trims saya tunggu jawabnya

  7. Terima kasih untuk Ilmu yang sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: